Jumat, 06 Desember 2013

Resensi Cerpen II

Judul Buku      : Be Careful of What You Wish For
Pengarang       : aliaZalea
Penerbit           : PT. Gramedia Pustika Utama
Tahun              : 2013
Tebal               : 8 lembar
AliaZalea adalah salah satu novelis yang terkenal. Ia sekarang berprofesi sebagai dosen psikologi di salah satu universitas di negeri jiran, setelah ia berhasil meraih gelar doktor dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Ia lahir di Jakarta dan menghabiskan hampir separuh hidupnya terpisah dari orangtuanya selama menyelesaikan pendidikannya di Malaysia dan Amerika. Blind Date, Miss Pesimis, Crash Into You, Celebrity Wedding dan The Devil In Black Jeans, semuanya merupakan hasil karyanya sebagai pecinta novel. The Devil In Black merupakan novel terbarunya yang dirilis pada tahun 2013. Be Careful of What You Wish For merupakan salah satu cerpen karya AliaZalea yang dikumpulkan dalam suatu buku yang bergenre metropop pertama yang ditulis secara keroyokan oleh beberapa novelis metropop dan editor GPU  yang berjudul “Autumn Once More”.
Cerpen ini menceritakan tentang sebuah percintaan seorang wanita dengan rekan kerjanya yang pada awalnya hanya rasa penasaran dengan lelaki itu. Dengan rasa penasaran itu perlahan membuatnya bertindak tidak wajar dengan menyelidiki lelaki itu dengan berbagai macam cara. Dan tanpa ia sadari, ia mulai menyukai seorang lelaki itu yang dulu tidak pernah ia perhatikan. Namun ia tak memiliki keberanian untuk menyatakan perasaanya sehingga pada suatu saat ketika sosok yang disukainya itu pergi, ia baru menyesali akan kebodohannya. Ia pun berharap agar diberi kesempatan untuk bertemu dengan sosok lelaki itu kembali dan ia berjanji untuk mengungkapkan segalanya jika ia sudah bertemu dengannya.
Kelebihan dari cerpen Be Careful of What You Wish For sendiri adalah dalam segi pemilihan kata-katanya yang romantis membuat pembaca terhanyut dalam suasana tersebut. Serta cerpen ini disusun dengan cara yang sederhana. Ada juga penerangan akan kata ganti yang digunakan di dalam cerita ini sehingga memudahkan pembaca untuk lebih memahami. Adapun kelemahan dari cerpen ini adalah ceritanya yang sedikit rumit yang awalnya wanita tersebut dulunya mencintai seseorang namun berganti menjadi teman seseorang tersebut. Walaupun begitu cerpen ini merupakan cerpen yang menarik banyak yang mengacungkan jempol untuk cerita ini.

Cerpen ini mengajarkan kita untuk senantiasa berhati-hati dalam menjaga ucapan. Semua hal masih mungkin untuk terjadi di dunia ini. Maka, ketika kelak cinta menghampirimu, berharaplah bahwa ia akan tinggal membawa segala rasa bahagia bersamanya. Dan jangan pernah melewatkan kesempatan sebelum kalian menyesal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar